Di era sekarang, pendidikan  merupakan suatu hal yang  paling utama atau terpenting. Dengan kata lain,  Pendidikan  merupakan alat ukur untuk tingkat kehidupan di dalam  masyarakat.  Nilai atau harga diri seseorang sekarang dapat dilihat ataupun diukur berdasarkan tingkat pendidikannya. Masyarakat sekarang berlomba lomba untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak, dengan tujuan dapat merubah kehidupannya, memperluas pengetahuannya,  dan mengurangi tingkat pengangguran di dalam  masyarakat, serta dapat pula meningkatkan persaingan di kalangan masyarakat. Dengan kata lain pendidikan  memiiki peran yang sangat penting bagi individu ataupun  masyarakat.  Pendidikan  di zaman sekarang  merupakan kunci dasar untukpengembangan karakteristik peserta didik . Selain memberikan pengetahuan juga dapat membentuk karakter dan keterampilan individu. Pendidikan merupakan suatu proses belajar mengajar, yang mana dapat dilakukan secara formal melalui sekolah, dan juga pendidikan informal yang dapat diperoleh melalui pengalaman hidup sehari – hari. Pendidikan secara formal yang dilakukan di sekolah berkembang melaui kegiatan – kegiatan yang terstruktur di sekolah, sedang pendidikan informal dapat dilakukan melalui kegiatan kegiatan seperti kursus ataupun pelatihan-pelatihan.

Pendidikan dapat merubah kehidupan masyarakat dan juga dapat menunjang kehidupan masa depan. Dengan pendidikan yang baik dapat memberikan peluang kerja serta perubahan kehidupan yang lebih baik bagi individu. Pendidikan yang baik didasarkan pada pola pendidikan yang bermutu, efektif dan efisien, dan dapat memberikan keterampilan pada peserta didik untuk berkembang dan beradaptasi. “Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang mampu memberikan pembelajaran yang bermutu”. Dalam hal ini pembelajaran yang bermutu adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang mana menggunakan berbagai metode pembelajaran serta sarana pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan kognitif peserta didik dalam berpikir, dan juga dapat meningkatkan pemahaman akan pembelajaran pada peserta didik. Selain itu juga dapat menunjukkan kreatifitas serta keterampilan pada peserta didik. Pada dasarnya Pendidikan yang bermutu tampak jelas berada pada lingkungan sekolah yang bermutu, di mana terdapat tenaga pendidik yang berkualitas dan diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai, serta mempunyai system manajemen yang baik dan bermutu.

Masyarakat mempunyai gambaran dan pengertian tersendiri akan sekolah yang bermutu. Masyarakat atau individu akan dengan senang hati terlibat dalam keadaan lingkungan sekolah yang bermutu. Karena menurut mereka, sekolah yang bermutu dapat menciptakan dan menghasilkan pelajar yang bermutu. Dimana masyarakat mempunyai harapan akan sekolah yang bermutu adalah sekolah yang memiliki pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan potensi peserta didik, dan juga mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan zaman yang selalu mengalami perubahan. Pendidikan bermutu merupakan sebuah fondasi untuk pembangunan zaman yang mana pembangunan tersebut akan bergantung pada potensi ataupun kapasitas peserta didik. Peserta didik akan dihadapi dengan tuntutan zaman yang selalu mengalami peralihan dari waktu ke waktu. Tuntutan zaman mempunyai kriteria akan peserta didik yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Menjadi sekolah yang bermutu dan selalu mengikuti trend perubahan zaman merupakan keinginan dan keyakinan pada setiap sekolah. Untuk menjawabi keinginan masyarakat, SMK Gonzaga menjadi lebih yakin dalam meningkatkan kapasitas mutu pendidikan.SMK Gonzaga mempunyai program menjadi Sekolah yang bermutu, yang berdasarkan pada perencanaan yang terstruktur. Perencanaan yang terstruktur dapat dilihat dalam berbagai kegiatan misalnya kegiatan ekstrakurikuler diantaranya religiusitas, pramuka, drumband, dan berbagai jenis olahraga yang diminati. Religiusitas adalah penghayaatan keagamaan dan kepercayaan melalui doa. Ekstra religiusitas di SMK GONZAGA mempunyai tujuan untuk menanamkan iman dan kepercayaan akan keyakinan dalam diri peserta didik. Bilamana kegiatan religiusitas juga diterapkan melalui berbagai kegiatan diantaranya mengikuti koor di gereja – gereja dalam dan sekitar paroki, serta pembinaan rohani. Selain itu kegiatan Ekstra lain yaitu Pramuka.Pramuka juga menjadi ekstra wajib pada SMK GONZAGA. Ekstra Pramuka mempunyai tujuan untuk membina kepemimpinan,kemandirian,keberanian, dalam diri peserta didik. Selain itu kegiatan Ekstra lain yaitu Pramuka. Pramuka juga menjadi ekstra wajib pada SMK GONZAGA. Ekstra Pramuka mempunyai tujuan untuk membina kepemimpinan,kemandirian,keberanian, dalam diri peserta didik. Selain ekstra wajib ada juga yang menjadi ekstra pilihan, seperti drum band, footsal, sepak bola, dan volley, yang merupakan peminatan dari peserta didik di SMK GONZAGA. Kegiatan – kegiatan ekstra ini, merupakan kegiatan pembentukan diri bagi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.

Peningkatan mutu pendidikan, memegang peranan penting dalam meningkatan mutu Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, Lembaga Pendidikan harus selalu mengikuti perkembangan Ilmu Pendidikan dan Teknologi yang semakin pesat. SMK GONZAGA, tengah menyiapkan diri menjadi lembaga pendidikan yang bermutu di dalam masyarakat. Seperti halnya yang tercantum dalam visi SMK GONZAGA yaitu Terwujudnya lembaga pendidikan yang bermutu dan menghasilkan siswa yang berkarakter, unggul dalam iman, soliderdan kompeten berlandaskan semangat persaudaraan, kasih, damai dan cinta lingkungan.